you're reading...
HAMSTERS

Cara Merawat Bayi Hamster Tanpa Indukan

Salah satu masalah yang sering kita hadapi dalam merawat hamster adalah merawat bayi hamster tanpa indukan. Betul tidak? Tanpa indukan bukan berarti indukannya tidak mau merawat si bayi hamster, indukan mana yah yang tidak mau merawat anaknya sendiri, itu sangat tidak mungkin.

Yang dimaksud tanpa indukan disini adalah indukan hamsternya mati serta anak hamster tidak mempunyai indukan untuk disusui. Hal apa yang seharusnya dilakukan? Nah mari kita bahas dalam posting kali ini.

ada beberapa hal yang dperlu dilakukan apabila si indukan mati atau merawat bayi tanpa indukan antara lain:

Bayi hamster sangat membutuhkan induknya untuk menyusui sehingga anda harus menggantikan sebagai Induk sementara untuk si bayi-bayi tersebut dengan memberi susu kental manis serta air perbandingan 1:1.Agar gizinya agar tercukupi anda harus bolak-balik memberi si bayi setiap menitnya dengan cara menyuapinya dengan pipet.

Beri serbuk kayu secukupnya. Hal ini untuk menjaga kehangatan kandang hamster.

Bayi Hamster sebaiknya di taruh di alas kandangnya tidak berlubang-lubang (datar) seperti akuarium, untuk menjaga si bayi tidak terjatuh serta terjepit.

Bila anda memindahkan bayi hamster, sebaiknya menggunakan alat bantu seperti sendok, dll. Agar si hamster tidak berbau tangan manusia serta hamster masih mau meminum susu tersebut. Jangan lupa kalau hamster itu kanibal.

Masalahnya adalah apakah anda bisa melakukan hal seperti dijelaskan diatas, dimana anda harus menyusui bayi hamster tiap jamnya serta akan memakan waktu anda. Jelas tidak mungkin kan, nah ini ada salah satu cara yang sering saya lakukan apabila bayi hamster ditinggal mati oleh indukannya yaitu:
Titipkan saja ke hamster yang sedang menyusui bayi. Tapi jangan pada hamster yang tidak menyusui karena si bayi hamster akan di makan oleh indukan lain.

Mungkin cara diatas atau menngabungkan anakan hamster dengan anakan hamster lain itu tidak selalu berjalan dengan mulus, serta yang sering terjadi adalah anakan hamsternya tidak dirawat oleh indukan lainnya. Akan tetapi resiko itu bisa dipekercil serta bagaimana ya caranya?

Oke, saya beri tips lagi biar hamster lover pada mengerti serta paham. Wah kurang baik gimana ya saya ini..:). Gak usah bertele-tele, saya akan berikan tipsnya sebagai berikut:

Cari indukan hamster yang tidak mempunyai kelainan. Karena hamster yang punya kelainan pada umumnya tidak bisa merawat bayi hamster.

Cari anakan hamster yang seumuran dengan anakan yang ditinggal mati oleh indukannya sehingga si indukan baru menganggap itu anaknya sendiri serta mau menyusui.

Pisahkan si pejantan (pejantan dari indukan baru) karena ada kemungkinan si pejantan mengetahui kalau itu bukan anak kandungnya sendiri.

Cari indukan yang sejenis serta se-variasi dengan indukan yang mati karena si indukan baru akan mengamati apakah itu anaknya atau bukan dari pengamatan corak warna serta patern dari warna tersebut.

About berunjay

just common owner

Discussion

4 thoughts on “Cara Merawat Bayi Hamster Tanpa Indukan

  1. klo hamster saya kan uda 2 minggu lahirannya , trus mau saya titipin nii bayi yg baru lahir, kira2 ketauan ga ya gan ??
    mohon bantuannya

    Posted by tia | April 6, 2012, 3:08 pm
  2. bayi hamster ane baru lahir hari ini…
    tapi induknya mau langsung makan bayinya ntu..
    akhirnya aku pisain…aku kasih susu pek pipet 1:1…eh, malah kemasukan hidungnya pake susu…tuh bayi megap2…tapi maish hidup sampai sekarang… gak apa2 tuh?

    Posted by Aulia | June 7, 2012, 12:53 pm
    • ohhh gpp brrti, tapi hati hati ya ngasihnya….takutnya ntr malah kenapa kenapa, memang kalau induk makan bayi emang harus dipisahin….. coba perhatiakn makanan hamsternya juga lo…dia makan bayinya karena kurang nutrisi setelah melahirkan…

      Posted by berunjay | June 9, 2012, 4:57 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Creator

Visit our facebook,twitter and YM for service order post

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: